2.21.2005

karena aku?

dan kuberdoa..

kemarin di Gereja, perjamuan kudus. dulu, biasanya dia ikut serta di dalam. tapi kemarin berbeda. aku bilang, jangan ikut karena kamu belum di sidi. tapi, awalnya dia berkeberatan, karena sebelumnya aku tidak memandang itu sebagai masalah. tapi entah angin apa yang membuatku ingin mengingatkannya.
sebenarnya, doktrin tentang makna sidi dan mengikuti perjamuan kudus aku sendiri kurang paham. benarkan orang yang sudah sungguh percaya dalam hatinya namun belum di sidi tidak boleh ikut perjamuan kudus? sedangkan orang yang sudah di sidi namun dalam hatinya belum sungguh-sungguh percaya, boleh? apakah Tuhan tidak memandang hati? apakah Tuhan hanya memandang kesaksian Gereja tentang makna percaya seseorang?

sesungguhnya, aku sendiri kurang mengerti. lalu aku bertanya padanya, jika Tuhan hanya memandang hati? lalu untuk apa lembaga Gereja memberikan pelayanan katekisasi? dan..... God, dia diam.... dan tidak ambil bagian dalam perjamuan kudus waktu itu..

jika karena aku, aku minta maaf. bukan maksudku untuk mempengaruhinya.
aku minta maaf.

Aucun commentaire: